Diklat Teknis Pengelolaan Arsip

Diklat Teknis Pengelolaan Arsip. Pada hari Jumat 16 November 2018 hingga Sabtu 17 November 2018, Subbagian Tata Usaha BUK Universitas Negeri Malang mengadakan acara Diklat Teknis Pengelolaan Arsip. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Aster Kota Batu dan diikuti oleh 60 orang tenaga kependidikan yang berasal dari beberapa unit kerja yang ada di Universitas Negeri Malang.

Ada 2 (dua) orang yang menjadi narasumber pada Kegiatan Diklat Teknis Pengelolaan Arsip Perguruan Tinggi. Narasumber yang pertama adalah Ibu Dra. Sulistyowati, M.M. dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan narasumber kedua adalah Bapak Drs. Winarto yang merupakan Arsiparis Madya yang ada di UM.

Penyampaian Materi Diklat Teknis Pengelolaan Arsip

Materi pertam disampaikan oleh Ibu Sulistyowati dan dilaksanakan pada hari Jumat mulai pukul 19.00 hingga pukul 22.00. Dalam penjelasan materi yang disampaikan oleh Ibu Sulistyowati membahas beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pengertian Arsip dan mengapa Arsip sangat penting peranannya pada organisasi. Untuk menjelaskan peranan penting arsip ini, Ibu Sulis menunjukkan berkas kerja yang merupakan arsip.
  2. Pentingnya peraturan tentang Tata Naskah Dinas sebagai alat untuk penyeragaman penciptaan Arsip. Tata Naskah dinas dapat digunakan sebagai alat untuk melihat keaslian arsip.
    Bagaiamana cara mengklasifikasikan arsip dan pentingnya memiliki jadwal retensi arsip atau JRA.
  3. Diakhir sesi materi Ibu Sulis membuka pertanyaan kepada para peserta. Meskipun waktu sudah larut, para peserta ternyata masih antusias mengikuti materi yang disampaikan oleh Ibu Sulis.

Dihari kedua, materi disampaikan oleh Drs. Winarto. Pemateri kedua lebih fokus pada pengolaan Arsip di Universitas Negeri Malang. Selain itu Bapak Winarto juga menjelaskab bagaiamana penciptaan hingga penyimpanan dan pemusnahan Arsip. Di hari kedua peserta juga masih terasa antusian.

Acara tersebut di atas berakhir pukul 10.00. Pantia berharap setelah acara ini ada tindak lanjut terkait dengan pengelolaan arsip di Universitas Negeri Malang

Sumber foto: BUK

Penyerahan cinderamata oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan kepada Ibu Dra. Sulistyowati, M.M - Diklat Teknis Pengelolaan Arsip
Penyerahan cinderamata oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan kepada Ibu Dra. Sulistyowati, M.M
Penyampaian materi oleh Dra. Sulistyowati, M.M
Penyampaian materi oleh Dra. Sulistyowati, M.M mengenai pengelolaan arsip
Pak Winarto sebagai narasumber
Pak Winarto sebagai narasumber
Penyampaian materi oleh Bu Dra. Sulistyowati, M.M
Penyampaian materi oleh Bu Dra. Sulistyowati, M.M
Pak Winarto sebagai narasumber
Pak Winarto sebagai narasumber
Para peserta antusias mengikuti acara
Para peserta antusias mengikuti acara
Para peserta antusias
Para peserta antusias
0

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *