UM Tuan Rumah UAW Se-Jawa Timur

Dalam rangka pemenuhan kewajiban penyusunan laporan keuangan Unit Akuntansi Wilayah Jawa Timur (UAPPA-W) Tahunan TA. 2018, selaku koordinator wilayah Politeknik Negeri Malang mengadakan kegiatan rekonsiliasi SAIBA dan SIMAK BMN bagi seluruh Satuan kerja Perguruan Tinggi Negeri dan LLDIKTI di lingkungan Kemenristekdikti wilayah Jawa Timur. Rekonsiliasi se-Jawa Timur tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun dengan menunjuk secara bergiliran perguruan tinggi negeri sebagai tuan rumah, dan kali ini Universitas Negeri Malang didapuk sebagai tuan rumah kegiatan rekonsiliasi.

Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. memberikan sambutan pada kegiatan yang diikuti oleh para operator SAIBA dan SIMAK BMN dari 18 perguruan tinggi negeri se-Jawa Timur. Direktur Politeknik Negeri Malang, selaku Koordinator Unit Akuntansi Wilayah Jawa Timur membuka kegiatan rekonsiliasi se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan UM. Selain itu, para Pengelola Perlengkapan Unit (PPU) UM juga turut mengikuti kegiatan rekonsiliasi. Aula lantai 9, gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang menjadi venue diselenggarakannya kegiatan rekonsiliasi se-Jawa Timur yang dilaksanakan pada tanggal 21 sampai dengan 23 Februari 2019.

Melihat pentingnya meningkatkan kompetensi para operator SAIBA dan SIMAK BMN terkait penyusunan laporan keuangan dan penatausahaan aset negara, selaku tuan rumah kegiatan rekonsiliasi, Universitas Negeri Malang turut mengundang narasumber dari Kemenristekdikti dan KPKNL Malang yang berkompeten di bidangnya. Materi yang disampaikan yaitu tentang Teknis Penyusunan Laporan Keuangan Semester II dan Tahunan yang dijelaskan oleh Irvan Yuliastono dari Kemenristekdikti, Pengelolaan Aset BMN dan laporan SIMAK BMN yang dipaparkan oleh Agus Santosa dari Kemenristekdikti, dan materi terakhir yaitu tentang Pokok-Pokok Inventarisasi dan Pengelolaan BMN pada Satker Kemenristekdikti yang disampaikan oleh Ulin Nuha dari KPKNL Malang.

Kegiatan rekonsiliasi tersebut diawali dengan sambutan-sambutan dilanjutkan dengan pembukaan dan penyerahan cindera mata Universitas Negeri Malang kepada narasumber dan berlanjut ke pemaparan materi-materi. Antusiasme peserta kegiatan cukup tinggi, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan mengajukan pertanyaan pada studi kasus yang terjadi di lapangan.

Biro Umum dan Keuangan melalui subbagian sebelumnya telah melaksanakan koordinasi dan persiapan kegiatan rekonsiliasi SAIBA dan SIMAK BMN bagi seluruh Satuan kerja Perguruan Tinggi Negeri dan LLDIKTI di lingkungan Kemenristekdikti wilayah Jawa Timur, sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

Sumber foto: BUK

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *