Jelang Akhir Tahun Bagian Keuangan Adakan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun dan Penyusunan Estimasi Penyerapan Anggaran sampai dengan Triwulan IV Tahun 2019

Universitas Negeri Malang – Dalam menyongsong akhir tahun 2019 tampaknya bagian keuangan UM terus memacu optimalisai penyerapan anggaran semaksimal mungkin. Dengan diterimanya prestasi sebagai Satuan Kerja BLU Terbaik I pada Triwulan III di wilayah kerja KPPN Malang, menjadikan semangat dan motivasi bagi UM untuk terus memperbaiki kinerja di Triwulan IV ini.

Dengan terbitnya Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 tentang Pedoman Pelaksanaan dan Pengeluaran Negera Pada Akhir Tahun Anggaran 2019, perlu untuk melaksanakan sosialisasi kepada seluruh stake holder dan pejabat pengelola keuangan unit kerja di UM. Untuk itulah, Bagian Keuangan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun dan Penyusunan Estimasi Penyerapan Anggaran sampai dengan Triwulan IV Tahun 2019 pada tanggal 10 Oktober 2019 di 101 OJ Hotel Malang. Diharapkan semua stake holder dalam melakukan penyerapan anggaran berpedoman pada Perdirjen Perbendaharaan Nomor PER-13/PB/2019 yang telah disosialisasikan.

Kegiatan ini melibatkan 77 orang baik yang terlibat sebagai narasumber, peserta, maupun panitia. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk paket meeting fullday mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB. Kegiatan diawali dengan Pembukaan dan Pengarahan oleh Wakil Rektor II, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber, sebagai berikut.

  1. Evaluasi Serapan Anggaran sampai dengan Triwulan III TA 2019 oleh Sekretaris SPI yang mengulas serapan masing-masing unit kerja dan Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja TA 2020 oleh Kasubbag Perencanaan yang mengulas penyusunan program dan anggaran tahun 2020 harus mengacu pada Rencana Strategis UM;
  2. Paparan Data Paket Pekerjaan Unit Kerja (realisasi, progres, dan rencana) oleh Kepala ULP; dan
  3. Sosialisasi Langkah-Langkah Akhir Tahun 2019 oleh Kabag Keuangan yang mengulas batas-batas akhir pengajuan permintaan pembayaran baik prosedur LS-Kontraktual, LS-Non Kontraktual, GUP-Isi, TUP, GUP-Nihil, maupun PTUP.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyusunan Estimasi Penyerapan Anggaran sampai dengan Triwulan IV TA 2019 oleh masing-masing unit kerja dan diakhiri dengan Pleno dan Simpulan Estimasi Penyerapan Anggaran sampai dengan Triwulan IV TA 2019 oleh masing-masing unit kerja.

Pada simpulan akhir, diperoleh estimasi serapan pagu yang akan mencapai 98,16% di akhir tahun 2019. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan dijadikan pedoman dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di UM pada akhir tahun 2019 ini.(sdq/lsy/im)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *