BUK Kembangkan Aplikasi BMN Versi Android

Laporan pengelolaan aset milik negara menjadi sebuah kewajiban setiap organisasi, instansi dan badan usaha khususnya yang memiliki sumber dana dari APBN, termasuk juga universitas, khususnya di Universitas Negeri Malang. Laporan pengelolaan aset milik negara berpedoman atas peraturan perundang-undangan yang berlaku. Aset milik negara secara periodik selalu dikomparasi dengan laporan keuangan. Secara keseluruhan, laporan akan mencapai target tingkat sempurna apabila hasil dari rekonsiliasi data penatausahaan aset milik negara dengan keuangan mencapai nilai yang seimbang.

Penatausahaan aset milik negara menjadi elemen yang sangat penting dalam tercapainya laporan pengelolaan aset milik negara yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam penatausahaan aset milik negara di dalamnya dimulai dari pencatatan pembelian, distribusi barang, sensus BMN dan penghapusan aset yang tidak lagi dimanfaatkan baik dikarenakan kondisi dan juga masa manfaat. Setiap proses tersebut sangat diperlukan pemahaman oleh setiap pelaksana tugas karena setiap tugas tersebut merupakan rangkaian program kerja dalam rangka untuk memperoleh data yang valid terkait pemanfaatan aset milik negara. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan dunia digital, Biro Umum dan Keuangan terus mengembangkan berbagai inovasi guna mendukung program kerja yang berbasis digital. Sama halnya dengan penatausahaan dan pengelolaan aset milik negara, melalui Subbagian Barang Milik Negara terus melakukan pengembangan aplikasi penatausahaan aset berbasis online.

Guna mendukung program kerja penatausahaan aset milik negara berbasis online, Biro Umum dan Keuangan melalui Subbagian Barang Milik Negara kembali mengadakan Workshop Penatausahaan dan Pengelolaan Sistem Informasi BMN di Lingkungan Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan yang berlangsung pada 15 Oktober 2020 tersebut dibuka oleh Bapak Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan UM, dan menghadirkan para pengelola aset milik negara di lingkungan universitas. Dalam kegiatan workshop tersebut menghadirkan narasumber dari KPKNL Malang Bapak Dr. Asep Suryadi, S.E, M.Si selaku Kepala KPKNL dan Gayuh Aji Prasongko, A.Md selaku staf KPKNL.

Dalam workshop tersebut materi yang disampaikan terkait pencatatan aset hingga pada penghapusan aset milik negara. Selain itu juga dijelaskan secara teknis tentang menyikapi berbagai permasalahan yang muncul dalam pengelolaan aset milik negara. Dalam kesempatan tersebut, Subbagian BMN UM juga melaksanakan launching aplikasi pengelolaan aset berbasis operasi sistem android. Pengembangan aplikasi ini untuk mendukung pengelolaan aset milik negara yang cepat, tepat dan akurat. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi berbasis android, para pengelola aset milik negara di Universitas Negeri Malang lebih efektif dan efisien dalam melaksanakan manajemen aset.

Pada kesempatan yang sama, Subbagian Barang Milik Negara juga merilis buku Petunjuk Teknis Penatausahaan, Pengelolaan dan Akuntansi Barang Persediaan Pada Unit Kerja Universitas Negeri Malang (UM). Buku tersebut menjadi pedoman para pengelola barang persediaan dalam melaksanakan tugas kerja khususnya pengelolaan barang persediaan. Dalam buku dijelaskan dengan terperinci tentang penggunaan mata anggaran hingga pada hal-hal teknis terkait pencatatan hingga proses distribusi barang persediaan.

Sumber foto: BUK

0