UM Menjadi Lulusan Terbaik I dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas 2020 Kemendikbud

Kharisma Yuanita Mahanani S.E., M.S.A kembali membawa kebanggaan nama Universitas Negeri Malang sebagai lulusan terbaik I dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawasan 2020. Pelatihan ini diadakan oleh Pusdiklat Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 24 Agustus 2020 sampai dengan 30 November 2020. Pelatihan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom mengingat kondisi pandemi Covid-19 yang belum membaik. Peserta pelatihan ini terdiri dari 34 Pejabat Struktural Eselon IV dari seluruh instansi dibawah Kemendikbud.

Para Peserta diharuskan membuat aksi perubahan sebagai jawaban dari permasalahan yang sedang dihadapi pada instansi masing-masing. Aksi perubahan yang telah dilakukan dinilai oleh para penguji dan melahirkan 3 lulusan terbaik diantaranya Bapak Syafrizal dari Universitas Syiah Kuala sebagai lulusan terbaik III  dengan aksi perubahan “Pengembangan Aplikasi SIMKULIAH sebagai Media Penatalaksanaan Perkuliahan di UNSYIAH”, Bapak Abu Chanifah dari Sekretariat Lembaga Sensor Film sebagai lulusan terbaik II dengan aksi perubahan “Penyediaan Layanan Kios Materi Film secara Elektronik (E-KIOS) pada Pelayanan Administrasi Pendaftaran Sensor Film dan Iklan Film Berbasis Elektronik (E-SIAS) di Sekretariat Lembaga Sensor Film” dan ibu Kaharisma Yuanita Mahanani dari UM sebagai lulusan terbaik I.

Aksi perubahan yang telah dilakukan oleh ibu Kharisma adalah “SISTEM PENATAUSAHAAN PIUTANG (SiPETANG)”. UM sebagai PTN BLU diharuskan menjalankan mandat PMK 240/PMK.06/2016 tentang Pengurusan Piutang Negara. Oleh sebab itu, ibu Kharisma membuat aplikasi SiPETANG yang user friendly untuk menertibkan pengadministrasian piutang biaya pendidikan di Universitas Negeri Malang. Aplikasi ini telah memudahkan proses penundaan, penagihan, pengarsipan dan pelaporan piutang UM. Semua perjuangan dan kerja keras selama ini serta dukungan yang tiada henti dari mentor hebat luar biasa, ibu Titin Sulastinah, telah membawa harum nama Universitas Negeri Malang sebagai Lulusan Terbaik I dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Kemendikbud Tahun 2020. 

Jaya UM Sepanjang Masa!

 

Video aksi perubahan SiPETANG bisa dilihat pada link youtube di bawah ini 
Aksi Perubahan Lulusan Terbaik I Diklat PKP Angkatan I Th 2020 Kemendikbud – YouTube

1+

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *