Workshop Strategi Percepatan Karier Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Profesor Universitas Negeri Malang

Peserta Workshop Strategi Percepatan Karier Jabatan Akademik LK dan GB

Dalam rangka upaya pemenuhan capaian target jabatan akademik dosen, Bagian Kepegawaian BUK UM mengundang Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen (TPJAD) universitas dan fakultas, juga Sekretariat TPJAD universitas untuk mengikuti Workshop Strategi Percepatan Karier Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Profesor Universitas Negeri Malang yang telah dilaksanakan pada Selasa, 12 November 2019 bertempat di Hotel Santika Malang. Narasumber dalam acara ini Prof. Dr Bunyamin Maftuh, M.Pd, M.A selaku Direktur Karier dan Kompetensi SDM, Mochamad Panji Pujasakti, M.T selaku Kepala Subdirektorat Karier Pendidik, Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si selaku Ketua Tim Penilai Jabatan Akademik Dosen UM, dan Dr. Ahmad Taufiq, M.Si selaku Kepala Pusat Publikasi Akademik Dosen UM.

WR II, Kabiro UK beserta nara sumber

Wakil Rektor II, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd didamping Kepala Biro Umum dan Keuangan, Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd dalam sambutan pembukaan menyampaikan bahwa dari jumlah total dosen UM prosentase yang memiliki jab professor/Guru Besar dan Lektor Kepala masih kurang mencukupi dikarenakan adanya dosen yang pensiun, meninggal dunia, pensiun dini, dan alasan lain. Untuk itu, telah diidentifikasi para dosen yang memiliki potensi untuk meningkatkan karirnya secara bertahap dalam jangka waktu pendek. Ditekankan pula kepada para tim TPJAD fakultas agar dapat membantu maksimal koleganya yang mengajukan usul kenaikan jabatan/pangkat. Lebih lanjut tetap agar bersyukur di tahun 2019 UM mendapatkan tambahan professor/GuruBesar sebanyak 7 orang dan Lektor Kepala 3 orang. Di akhir sambutannya, berharap dengan adanya Workshop Strategi Percepatan Karier Jabatan Akademik Lektor Kepala dan Profesor Universitas Negeri Malang dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh TPJAD UM dan semua yang berkepentingan.

Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd., M.A.

Paparan materi tentang kebijakan penilaian angka kredit (PAK) Dosen disampaikan oleh Prof. Dr. Bunyamin Maftuh, M.Pd, M.A disela  penyampaian materi beliau memberi arahan, agar pimpinan UM termasuk rektor dan senatnya harus memberi dorongan kepada para dosennya untuk proyeksi percepatan menjadi profesor/Guru Besar, Lektor Kepala, Lektor, juga CPNS/dosen baru agar segera menjadi Asisten Ahli. Dijelaskan pula tentang prosedur penilaian pusat, kriteria karya ilmiah yang berkualitas yang berpotensi bernilai kum tinggi, karya cipta bentuk seni, rancang bangun, dan bentuk lainnya yang setara jurnal bereputasi/internasional, prosedur tidak puas atas hasil penilaian, dan sebagainya. Lebih lanjut menyatakan bahwa dalam Pedoman Operasional (PO) 2019 terdapat banyak perubahan namun belum disahkan (walau sebagian sudah digunakan sebagai dasar penilaian),

Ditekankan kepada para dosen sebagai TPJAD agar menambah ibadah dengan membantu orang lain (koleganya) yang memroses usul kenaikan jabatan akademik/pangkat dengan tetap menjaga kualitas karya ilmiah pengusulnya.

Mochammad Panji Pujasakti, M.T.

Materi workshop lainnya disampaikan oleh Mochammad Panji Pujasakti, M.T. selaku Kepala Subdirektorat Karier Pendidik tentang faktor penyebab usulan belum diterima pada umumnya kum kurang, syarat khusus tidak/belum terpenuhi, karya plagiasi. Selanjutnya lebih penjelasan lebih dalam pada relevansi bidang ilmu ijazah – karya ilmiah yang dimiliki – homebase penugasan sesuai matakuliah yang diampu. Sedangkan materi best practice penilaian angka kredit, dan menghindari plagiasi karya ilmiah oleh dosen UM jurusan Fisika yaitu Prof. Dr. Arif Hidayat, M.Si dan Dr. Ahmad Taufik, M.Si, diantaranya menyampaikan tentang mekanisme penyusunan sampai dengan penerbitan jurnal yang baik (dinilai dari berbagai aspek), tip dan trik penilaian artikel internasional,  menekankan kepada para peserta agar waspada dan hati-hati saat melakukan submit/publish karyanya.

0

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *