Laporan Keuangan Universitas Negeri Malang (UM)

 

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Menteri/Pimpinan Lembaga sebagai Pengguna Anggaran/Barang mempunyai tugas antara lain menyusun dan menyampaikan laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga yang dipimpinnya. Universitas Negeri Malang adalah salah satu entitas akuntansi dibawah Kementerian Negara/Lembaga yang berkewajiban menyelenggarakan akuntansi dan pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran dengan menyusun laporan keuangan berupa Laporan Aktivitas, Neraca, Laporan Arus Kas yang disertai Catatan atas Laporan Keuangan.

Penyusunan laporan keuangan Universitas Negeri Malang mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 76/PMK.05/2008 tanggal 23 Mei 2008 tentang Pedoman Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Badan Layanan Umum. Informasi yang disajikan di dalamnya telah disusun sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk memperoleh laporan keuangan yang transparan dan akuntanbel, Universitas Negeri Malang menunjuk Kantor Akuntan Publik yang memperoleh rekomendasi dari BPK RI. Pada tahun 2016 Universitas Negeri Malang telah menunjuk Dr. M. ACHSIN SE. SH. MM. MKn. M.Ec.Dev.Ak.CA.CTA dari KAP Krisnawan, Busroni, Achsin & Alamsyah untuk melakukan pemeriksaan Laporan Keuangan BLU UM Tahun 2015. Hasi pemeriksaan oleh KAP atas Laporan Keuangan Tahun 2015  menghasilkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).   Opini WTP tersebut telah diraih UM sejak ditetapkan sebagai satker BLU bidang layanan pendidikan.

Berikut Laporan Keuangan BLU Universitas Negeri Malang Audited tahun audit 2012 s.d. 2015.

1. Laporan Keuangan BLU Universitas Negeri Malang Audited Tahun 2012

2. Laporan Keuangan BLU Universitas Negeri Malang Audited Tahun 2013

3. Laporan Keuangan BLU Universitas Negeri Malang Audited Tahun 2014

4. Laporan Keuangan Univesitas Negeri Malang (UM) Audited 2015