Tips Utama Praktik Terbaik Kerja Dari Rumah

Universitas Negeri Malang akan melakukan kerja jarak jauh untuk sementara waktu. Perubahan kebiasaan bekerja langsung di kantor menjadi kerja jarak jauh ini akan membutuhkan waktu penyesuaian yang tidak sebentar, tetapi bisa diusahakan. Bekerja dengan tim yang secara lokasi tersebar satu sama lain artinya kita butuh cara yang berbeda dalam berkomunikasi, mengambil keputusan, dan tetap saling terhubung walaupun terpisah secara fisik.

Berikut ini ada beberapa tips untuk praktik terbaik kerja dari rumah

  1. Tentukan jam kerja dan ikutilah dengan disiplin. Atur jam kerja dengan bantuan Google Calendar yang memungkinkan sinkronisasi dengan jadwal dari rekan kerja lainnya. Atau bisa juga dengan aplikasi Ms. Excel yang dishare ke grup WhatsApp dari tim kerja.
  2. Perbarui Statusmu, kapan bisa dihubungi masalah pekerjaan dan kapan Hal ini diperlukan untuk mengatur ekspektasi seputar seberapa responsifnya seorang pegawai.
  3. Ciptakan ruang kerja yang berbeda di rumah – dan gunakan area tersebut hanya untuk bekerja
  4. Komunikasikan situasi yang sedang bekerja dari rumah ke keluarga sehingga mereka tau kapan waktu terbaik untuk berinteraksi.
  5. Untuk pegawai yang punya anak, jangan kira si kecil tidak akan berpengaruh pada waktu kerjamu. Mungkin mereka akan ikut salah satu rapatmu secara tiba – tiba, jangan khawatir.
  6. Istirahatlah secara rutin di tengah hari untuk penyegaran sesaat. Istirahat singkat setiap sejam atau 2 jam sangat direkomendasikan.
  7. Gunakan email sebagai alternatif video call. Kestabilan WiFi tiap pegawai di rumah bisa sangat beragam
  8. Gunakan emoji. OK memang terkesan konyol, tetapi intonasi ketika berbicara bisa hilang dalam bahasa tulis atau chat. Pastikan untuk memperjelas hal yang rumit dengan bantuan emoji.
  9. Komunikasi terus-terusan. Bekerja jarak jauh seringkali mengharuskan untuk mengkomunikasikan secara detil, terutama jika sebagian besar pegawai baru pertama kali melakukan kerja dari rumah.
  10. Ambil sisi positifnya. Fleksibilitas waktu ketika kerja dari rumah adalah kesempatan yang harus dimanfaatkan. Distraksi-distraksi yang selama bekerja dari kantor sulit dihindari, ketika bekerja dari rumah dapat diatur lebih baik waktunya.

Universitas Negeri Malang telah banyak menyediakan fasilitas untuk bekerja dari rumah yang lebih nyaman. Ada aplikasi e-office yang sangat bisa di-explore manfaatnya sebagai pengatur alur pekerjaan kantor.

Untuk rapat bisa digunakan aplikasi Google Meet. Bahkan untuk share dan editing file bersama bisa dilakukan melalui aplikasi Google Sheet dan Google Docs.

Dengan membiasakan kerja dari rumah akan banyak sisi positif yang bisa diambil terkait efisiensi penggunaan anggaran rapat dan akan banyak pelayanan yang dapat dilakukan secara daring. Saat ini adalah saat yang tepat untuk menciptakan inovasi baru terkait layanan daring, digitalisasi dokumen dan verifikasi dokumen secara online.

Kelangsungan pekerjaan harus tetap terjaga tetapi kesehatan pegawai dan keluarganya juga nomor 1.  Dengan membiasakan bekerja dari rumah dengan disiplin maka keduanya dapat tercapai. Tentunya ada pekerjaan yang tidak bisa dikerjakan penuh dari rumah, telah terbit kebijakan untuk ini. Tetapi pekerjaan di kantor telah terbukti sebagian besar bisa dikerjakan dari rumah.

Mungkin bekerja dari rumah terkesan kinerja jadi melambat. Percayalah, melambat sejenak tidak membuat kita tertinggal. Seluruh dunia sekarang sedang melambat, kita tidak sendirian. Melambat sejenak menyehatkan mental kita.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *