Workshop Peningkatan Implementasi Pengelolaan Keuangan BLU dan Remunerasi serta Sistem Informasi Kepegawaian di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Malang – Dalam rangka peningkatan mutu, penguatan etos kerja, perbaikan sistem pengelolaan keuangan BLU dan remunerasi serta Sistem Informasi Kepegawaian, Universitas Negeri Malang yang diwakili oleh Bidang II, yaitu Bagian Keuangan dan Kepegawaian Biro UK UM melakukan workshop di Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang.

Workshop ini dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 24 September 2019 dan diikuti oleh 20 orang dari UM yang terdiri dari Wakil Rektor II, Kabag Keuangan, Kabag Kepegawaian, Kabag UHTBMN, Kasubbag PNBP, Kasubbag Non PNBP, Kasubbag AKP, Kasubbag TAD, Kasubbag TAK, Bendahara Penerimaan, Bendahara Pengeluaran, BPP Belanja Pegawai, BPP Kegiatan PNBP, BPP BUK, 6 staf pengelola keuangan dan kepegawaian di BUK.

Tahap awal, tim UM melaksanakan workshop di Universitas Padang Universitas Negeri Padang (UNP). UNP merupakan salah satu perguruan tinggi negeri BLU di Padang, Sumatera Barat, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1954. UNP menjadi satker BLU pada tahun 2015 dan telah mengimplementasikan remunerasi sejak tahun 2017. Tim UM disambut langsung oleh Wakil Rektor II UNP, Ir. Drs. Syahril, ST., MSCE, Ph.D, beserta jajarannya yang terdiri dari Kepala Biro UK, Kabag Keuangan, Kepegawaian, serta beberapa kasubag dan staf. Bentuk kegiatannya adalah pemaparan video profil dari UNP serta gambaran umum pengelolaan keuangan dan kepegawaian di UNP yang disampaikan oleh Wakil Rektor II UNP kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab tentang pengelolaan keuangan BLU dan kepegawaian dari kedua belah pihak. Isu utama yang dibahas dalam diskusi dan tanya jawab tersebut adalah mengenai pengelolaan kas BLU, optimalisasi serapan anggaran dan penggunaan saldo awal pada awal tahun, implementasi remunerasi, status dan pengangkatan pegawai BLU, strategi percepatan Kenaikan Pangkat bagi Dosen, serta peluang-peluang studi lanjut bagi Dosen di UNP.

Setelah mendapatkan banyak informasi dan pengetahuan di UNP, tim UM melanjutkan kegiatan ke Universitas Andalas (Unand). Unand adalah salah satu perguruan tinggi negeri BLU yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Universitas ini merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta dan saat ini berada pada kelompok kluster pertama PTN se-Indonesia. Pada kegiatan ini, tim UM disambut oleh Kepala Biro UK, Kepala Bagian Keuangan dan Kepegawaian, serta beberapa Kasubag dan staf. Bentuk kegiatannya adalah pemaparan video profil dari Unand dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab tentang pengelolaan keuangan BLU dan kepegawaian dari kedua belah pihak. Isu utama yang dibahas dalam diskusi dan tanya jawab meliputi: sistem perkuliahan, pengelolaan piutang pendidikan, sumber-sumber pendapatan BLU, strategi penyerapan anggaran agar tidak menumpuk di akhir tahun, mekanisme monitoring dosen tugas belajar dan ijin belajar, serta pengelolaan dana kerjasama.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak, saling bertukar informasi dan kebijakan-kebijakan strategis, sehingga dapat memperbaiki kualitas sistem pengelolaan keuangan BLU dan meningkatkan keefektivitasan pelayanan serta pencapaian kinerja yang lebih baik. (sdq/lsy/im)

0

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *