Subbag Rumah Tangga Tingkatkan Kompetensi Pengamanan Kampus UM

Untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan kampus, pada tanggal 19 Agustus 2020 Subbag Rumah Tangga mengadakan Workshop “Peningkatan Satpam dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat di lingkungan Kampus Universitas Negeri Malang”.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bapak Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd selaku Wakil Rektor II Universitas Negeri Malang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Dipimpin oleh Kepala Biro Umum dan Keuangan UM, Bapak Drs. H. Amin Sidiq, M.Pd, kegiatan dilaksanakan di Aula Lantai 9 Gedung Graha Rektorat Universitas Negeri Malang. Diikuti oleh 50 peserta dari Satuan Pengamanan Universitas Negeri Malang.

Pada workshop kali ini, menghadirkan Narasumber dari Polres Malang Kota yaitu Kasat Binmas Polres Malang Kota Bpk. Kompol Berkah Jayadi, Kanit Binkamsa Bpk. Iptu Soleh Suherman, Unit Bikamsa Ibu Bripka Putri dan Bpk. Wahyu Eky.

Para Narasumber tersebut menjelaskan tentang Tupoksi Satpam serta Taktik dan Teknik Dalam Tugas Pengaman Fisik. Tugas Pokok Satpam adalah menyelanggarakan kemanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya khususnya pengamanan fisik (physical security). Dalam menjalankan tugasnya Satpam mempunyai 2 (dua) peranan, yaitu  unsur pembantu pimpinan dan unsur pembantu POLRI tempat ia bertugas di bidang kemanan dan ketertiban lingkungan kerjanya.

Oleh karena itu, untuk mencegah segala bentuk kegiatan kejahatan serta menjaga ketertiban masyarakat khususnya di lingkungan Universitas Negeri Malang, Satpam harus melaksanakan penjagaan dan berpatroli untuk memeriksa dan memastikan area dalam keadaan aman dan tertib.

Peranan penjagaan antara lain:

  1. Sebagai pintu gerbang utama pelaksanaan penyelenggaraan tugas pengamanan dilingkungan kerja.
  2. Sebagai salah satu sarana penghimpun data – data melalui pelaksanaan tugas jaga.
  3. Sebagai salah satu sarana komando dan pengendalian dari pimpinan serta pintu gerbang monitoring guna mengikuti perkembangan situasi Kamtibmas dan memberikan pengarahan tindakan di lapangan.
0